BENIH LOKAL

Benih Lokal

Kebutuhan benih (biji) tanaman rumput maupun kacangan yang jumlahnya besar dalam proyek pekerjaan hydroseeding membuat PT GPI juga menaruh perhatian khusus dalam menjaga rantai pasokan ketersediaan benih. Adapun benih-benih yang disediakan meliputi: 

Kacang PJ

kacang PJ

Tanaman Pueraria Javanica ( PJ ) berasal dari Thailand, salah satu tanaman lainnya penutup yang paling dikenal di dunia, tanaman menjalar yang kuat. Tanaman ini dapat berdiri dengan kuat di tengah sinar matahari dan mencegah tumbuhnya gulma Chromolena.

 

Kacang CM

kacangan CM

Kacangan CM berasal dari Amerika Selatan, daun agak kecil dan tidak berbulu. Kelebihan dari CM adalah :  Dapat tumbuh pada ketinggian 0-300 m diatas permukaan laut.

Kacang CP

kacangan CP

Centrosema pubescens , nama umum centro atau butterfly pea , adalah kacang-kacangan dalam famili Fabaceae , subfamili Faboideae , dan suku Phaseoleae. Ini asli Amerika Tengah dan Selatan dan dibudidayakan di daerah tropis lainnya sebagai makanan ternak.

Kacang MC

kacangan MC

Mucuna conchinchinensis adalah legum tropis asli Afrika dan Asia tropis dan dinaturalisasi dan dibudidayakan secara luas.

Benih Johar

benih johar

Asal usul johar adalah dari Asia Selatan dan Tenggara. Tumbuhan ini telah dibudidayakan begitu lama, sehingga tanah asalnya yang pasti tidak lagi diketahui. Di Indonesia, johar diketahui tumbuh alami di Sumatra.

Benih Turi

benih turi

Tanaman turi ini bertempat asal dari Asia dan sekarang sudah menyebar hampir seluruh bagian negara. Sesbania grandiflora termasuk famili Fabaceae, subfamili papilionoideae dan dikenal dengan tuwi (Bali), turi (Jawa) dan toroy (Madura).

Benih Lamtoro

benih lamtoro

Benih Lamtoro merupakan benih yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan dari situ kemudian menyebar luas.

Benih Sengon Laut

benih sengon laut

Sengon laut pertama kali dibawa ke pulau Jawa pada tahun 1871 dan ditanam di Kebun Raya Bogor dengan benih yang berasal dari pulau Banda, dan diyakini benih inilah yang kemudian menyebar ke seluruh pulau Jawa (Heyne, 1987).

Benih Sengon Buto

benih sengon buto

Sebaran alami sengon buto yaitu dari daerah tropis Amerika terutama di bagian utara, tengah dan selatan Mexico. Generatif melalui biji dan Vegetatif melalui cangkok atau sambungan.

Benih Akasia

benih akasia

Akasia merupakan jenis tanaman yang cepat tumbuh, sehingga disukai untuk penghijauan dan dengan segera menyebar ke seluruh Indonesia. Acacia auriculiformis merupakan tanaman asli dari Indonesia yang asalnya dari bagian selatan Papua, serta tersebar di Papua Nugini dan bagian utara Australia.

Kacang Trembesi

benih trembesi

Trembesi, suar, kihujan, baujan, kayu-ambon atau munggur (Samanea saman) adalah pohon yang besar dan tumbuh cepat, mahkota daun menyerupai payung dan lebar, banyak ditanam karena memberi naungan, kayunya tidak terlalu awet, daunnya digunakan sebagai pakan ternak, buahnya berupa polong yang tebal dan berdaging. Tumbuhan ini pernah populer sebagai tumbuhan peneduh. Pohon ini mempunyai beberapa julukan nama seperti Saman, Pohon Hujan dan Monkey Pod, dan ditempatkan dalam genus Albizia.

Kacang CC

kacangan cc

Trembesi, suar, kihujan, baujan, kayu-ambon atau munggur (Samanea saman) adalah pohon yang besar dan tumbuh cepat, mahkota daun menyerupai payung dan lebar, banyak ditanam karena memberi naungan, kayunya tidak terlalu awet, daunnya digunakan sebagai pakan ternak, buahnya berupa polong yang tebal dan berdaging. Tumbuhan ini pernah populer sebagai tumbuhan peneduh.

Benih Kaliandra

Calliandra Spp atau Kaliandra adalah tumbuhan berbentuk perdu yang berasal dari Guatemala. Di Indonesia, Kaliandra ditanam hamper di seluruh Pulau Jawa. Pertumbuhan optimal dijumpai di daearah basah dengan curah hujan minimal 1.000 mm per tahun.

Benih Mahoni

Pohon mahoni berasal dari Hindia Barat. Wilayah penyebarannya meliputi Srilangka, India, Serawak, dan Fiji. Jenis tanaman ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1872 melalui India.

Benih Pulai

Tersebar luas di Asia Pasifik mulai dari India dan Sri Lanka sampai daratan Asia Tenggara dan Cina Selatan, seluruh Malaysia hingga Australia Utara dan Kepulauan Solomon. Pulai memiliki sebaran alami hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pulai Gading (Alstonia scholaris (L.) R.Br.) dapat ditemukan di Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur), Bali, Sumatera (Palembang, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Lampung), Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat , Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Irian Jaya.