PROFILE

PT Green Planet Indonesia adalah perusahaan swasta nasional yang didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Perundang-undangan R.I No. C-7322 HT.01.01.TH.2000 tertanggal 24 Maret 2000. Perusahaan bergerak dalam bidang penyediaan jasa pelayanan dan produk pupuk organik yang ramah lingkungan.

Pada masa empat tahun pertama, PT. Green Planet Indonesia berada dalam tahapan pengembangan melalui riset dan penelitian produk agroindustri yang bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor melalui Laboratorium Bioteknologi Hutan dan Lingkungan, Pusat Penelitian Bioteknologi IPB. Disamping itu, PT GPI juga menjalin kerjasama dengan perusahaan perkebunan untuk aplikasi produk, yaitu dengan PT. Astra Agro Lestari. Pada saat bersamaan perusahaan melihat adanya potensi pemanfaatan produk tersebut untuk diaplikasikan pada kegiatan revegetasi tambang maupun penanganan limbah yang mengandung hidrokarbon. Sehingga PT GPI juga menjalin kerjasama dalam hal uji coba (pilot test) aplikasi dengan PT. Kaltim Prima Coal dan pilot project di Pertamina RU V dalam bidang waste management. Selain itu, dalam bidang rehabilitasi lahan paska tambang, PT GPI bekerjasama dengan PT KPC melaksanakan pilot projectHydroseeding di lahan paska tambang milik PT KPC.

Empat tahun kedua, perusahaan memasuki tahapan komersial, dengan mensuplai produk-produk hasil penelitian ramah lingkungan tersebut khususnya ke sektor usaha perkebunan kelapa sawit dan tanaman hortikultura. Divisi Bio-Agro Business Trading merupakan salah satu divisi PT. Green Planet Indonesia yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan suplai produk-produk hasil penelitian pada sektor usaha perkebunan dan pertanian. Guna memenuhi kebutuhan pasar yang lebih spesifik dan besar, maka PT. Green Planet mulai memproduksi sendiri dan mengimpor produk ramah lingkungan tersebut diantaranya: Pupuk Organik Granule (POG), Pupuk Organik Cair (POC), pembenah tanah (Soil Improvement), dan Pupuk Organik + Soil Improvement dari USA. Pada masa ini, seiring dengan kemajuan perusahaan dan hasil aplikasi yang memuaskan dari beberapa kerjasama yang dilakukan, maka secara definitif dibentuklah Divisi Rehabilitasi untuk melayani jasa rehabilitasi lahan paska tambang di perusahaan tambang dan Divisi Waste Management untuk melayani jasa penanganan limbah (mengandung) hidrokarbon di industri minyak dan gas.

PT. Green Planet Indonesia terus melakukan pengembangan usaha dengan memperluas jaringan serta melakukan riset dan pengembangan secara berkelanjutan agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian seperti Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB-Padi) maupun dengan pihak swasta.

Dalam perjalanan kegiatan usaha, PT Green Planet Indonesia juga telah mendapat kepercayaan untuk menjadi distributor dari beberapa produk luar negeri diantaranya:

        1. Global Organic LLc – USA: Humega + Humega Crumble
        2. PROFILE Products LLC – USA: Flexterra, Promatrix, Terratube, Proganics, Seed Aero, Futera, Cover grow, mesin Bowie dll.
        3. Barenbrug Australia Pty Ltd : Benih Bermuda grass ( Cynodon Dactylon), Signal grass ( Brachiaria decumbens, Rhodes grass ( Chloris gayana), Bahia grass ( Paspalum notatum) Wynn cassia ( Chamaecrista Rotundifolia) dll.
        4. Alpine Soil Mixer – USA : Sol Mixer in situ.

Seiring dengan berkembangnya berbagai jenis usaha yang menuntut sistem manajemen yang profesional, maka PT Green Planet Indonesia menerapkan GPI-IMS (Green Planet Indonesia–Integrated Management System) dan pada tahun 2014 berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18000 dan pada tahun 2020 OHSAN 18000 diganti ISO 45001. Dengan diterapkannya GPI-IMS ini maka profesionalitas PT GPI dalam bekerja dan melayani kepuasan para klien tidak perlu diragukan lagi.