Rehabilitasi Lahan

Permasalahan lahan bekas tambang merupakan permasalahan yang tak akan pernah berhenti untuk dibahas. Pertentangan antara kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dengan nilai ekonomis yang berhasil diambil dari sebuah lokasi tambang akan senantiasa mendominasi setiap pembicaraan yang ada. Salah satu hal utama apabila kita bicara tentang sebuah lokasi tambang adalah kerusakan lingkungan yang terjadi setelah kegiatan pertambangan selesai. Banyak kasus yang terjadi dimana sebuah lokasi/ areal bekas tambang dibiarkan dan tidak dikelola dengan baik hingga akhirnya menimbulkan dampak bahaya dan merugikan, tidak saja kepada lingkungan tetapi juga keselamatan jiwa manusia.

Land Rehabilitation adalah salah satu divisi dari PT. Green Planet Indonesia yang sudah expert / berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam menyediakan jasa rehabilitasi (reklamasi dan revegetasi) terhadap lahan rusak yang diakibatkan baik oleh aktivitas pertambangan (lahan pasca tambang) ataupun aktivitas lainnya.

Dengan tujuan untuk memperbaiki dan memulihkan kembali lahan dan vegetasi yang telah rusak agar dapat berfungsi optimal sesuai dengan peruntukkannya. Setelah aktivitas pertambangan berakhir, lahan paska tambang harus direhabilitasi untuk meminimalisir efek kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya.

Dengan teknologi yang kami miliki serta metode yang berkelanjutan, sesuai dengan regulasi pemerintah, kami menawarkan SOLUSI TOTAL untuk rehabilitasi lahan paska tambang (Green Planet Rehabilitation)

KOMPETENSI KAMI :

  1. Penyiapan lahan untuk revegetasi (Land Preparation)
  2. Aplikasi teknik hydroseeding
  3. Penanaman pohon (revegetasi) jenis fast growing & native (pengayaan)
  4. Monitoring & perawatan
  5. Penanaman (Reboisasi) dalam rangka rehabilitasi DAS pemenuhan IPPKH
  6. Penanganan & pengendalian erosi dan sedimentasi (pada pembangunan infrastruktur jalan tol, akses jalan, bendungan

Beberapa hasil proyek penghijauan lahan paska tambang yang di kerjakan oleh PT. Green Planet Indonesia :